Wanita Lebih Rentan Cedera Saat Olahraga

 
 KEBANYAKAN pria memang lebih suka berolahraga dibanding wanita. Namun begitu, wanita ternyata memang lebih rentan mengalami cedera saat berolahraga bila dibanding pria.
  
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal itu. Salah satunya adalah bentuk panggul wanita yang berbeda dengan panggul pria. '' Panggul wanita lebar dan membuat tungkai paha atau paha atas menjadi lebih miring, sehingga sudut yang dibentuknya lebih besar. Kemungkinan kerusakan lututnya jadi lebih nyata.
  
Meskipun lebih rentan cedera, tapi bukan berarti lantas para wanita takut berolahraga, untuk meminimalir risiko cedera, Dr.Susiana memberikan tips sederhana yang bisa dilakukan oleh pria maupun wanita.
  
Apabila melakukan olahraga dan merasa sakit, maka sebaiknya hentikan olahraga saat itu juga karena artinya latihannya salah atau tidak cocok. Tapi bila rasa sakit baru muncul keesokan harinya, berarti intensitas latihannya terlalu berat dan belum mampu dilakukan tubuh.
  
Solusinya, intensitas latihan harus dikurangi. Jangan lupa perhatikan urutan aktivitas olahraga , mulai dari pemanasan ,latihan inti, hingga pendinginannya. '' Kalau untuk atlet, apabila tiap kali latihan sakit dia harus lapor, Soalnya ada yang latihan sakit tak mau lapor, karena kalau mengaku sakit akan langsung dikeluarkan dari tim.''  
                                   

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wanita Lebih Rentan Cedera Saat Olahraga"

Post a Comment

Flickr