Kualitas Hidup Menurun Akibat Gangguan Pendengaran


  BUKAN sekadar permasalahan telinga, gangguan pendengaran dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang. Dampak lebih jauh menimbulkan beragam masalah baru, seperti stres, daya ingat menurun, sulit fokus, emosional, menarik diri dari kehidupan sosial, bahkan depresi.
 Berdasarkan penelitian, orang dewasa dengan gangguan pendengaran akan mengalami gejala penurunan kognitif. Seiring terjadinya penurunan pendengaran, otak akan lupa terhadap suara tertentu. Semakin lama otak kehilangan suara, akan semakin sulit memproses dan mengenali kembali suara tersebut mesti telah menggunakan alat bantu dengar.
 Jika menduga ada masalah kognitif dan emosional akibat gangguan pendengaran yang dialami, segera jadwalkan untuk mengevaluasi pendengaran dengan audiologist di hearing center atau dokter spesialis THT. Jika diperlukan, jangan abaikan untuk segera menggunakan alat bantu dengar.
  Alat bantu dengar dapat membantu mengurangi stres, perasaan depresi dan terasingkan, meningkatkan daya ingat, fokus, serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Secara umum, mengembalikan kualitas hidup.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kualitas Hidup Menurun Akibat Gangguan Pendengaran"

Post a Comment

Flickr